DESTINASI DI "MALANG" BUAT KELUARGA

1.ROBAN CONDO



   Mungkin bagi kamu yang sudah pernah jalan-jalan di Malang nama Coban Rondo bukanlah nama yang asing lagi. Ya Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di sana. Coban Rondo sendiri memiliki arti tersendiri dalam bahasa Jawa. Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti air terjun dan Rondo berarti Janda. Kalau menurut sejarahnya sih goa ini ada karena kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.
Suaminya tersebut konon tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang naksir berat sama Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan si istri dari Joko Lelono dan sejak saat itu pula diduga air terjun tersebut mulai ada. Bagi kamu yang tertarik untuk datang ke air terjun cantik ini silahkan datang ke Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.
2.MUSEUM ANGKUT
Bagi kamu yang gak terlalu suka sama museum kayaknya harus sedikit bernegoisasi dengan museum yang satu ini deh. Soalnya museum ini memiliki konsep yang berbeda jika dibandingkan dengan museum yang ada pada umumnya. Jika museum lain menawarkan benda-benda bersejarah kaya batu-batuan zaman purbakala, alat makan zaman dulu, atau mungkin senjata perang, museum ini mengoleksi mobil-mobil tua yang otentik banget. Gak cuma mobil-mobil tua dari berbagai benua seperti Eropa, Amerika, atau Asia saja di museum ini bahkan mengoleksi kendaraan-kendaaran zaman baheula seperti kereta yang ditarik oleh kuda dan sapi.
Hal yang lebih keren lagi adalah di museum angkut tersebut ada juga loh mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Indonesia. Meskipun harus merogoh kocek agak dalam karena harga tiket masuknya yang lumayan mahal (Rp.50.000 untuk weekdays dan Rp.75.000 untuk weekend) tapi kepuasan berkunjung ke museum tersebut dijamin sesuai. Jangan lupa berfoto bersama ribuan koleksi super classy di di sana ya Gak perlu bingung mikirin bagaimana caranya bisa sampai di museum tersebut karena lokasi museum terletak di daerah Kota Batu sehingga kamu bisa dengan mudah menemukannya.
3.ALUN-ALUN KOTA MALANG
Tampaknya Kota Batu Malang serius banget nih membenahi potensi wisatanya. Buktinya mereka menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang di alun-alunnya terdapat feris wheel atau bianglala. Selain itu di alun-alun ini juga terdapat playground anak-anak, ruang informasi berbentuk strawberry, serta patung bentuk apel yang menjadi icon dari Kota Malang sendiri. Kerennya kamu gak perlu mengeluarkan uang seperak pun untuk bisa menikmati keseruan di alun-alun Kota Batu. Hanya saja kalau mau naik bianglala ya tetap bayar sih. Tapi lebih dari itu sekedar duduk-duduk sembari melihat air mancur aja sudah cukup menghibur kok!

4.MUSEUM BRAWIJAYA "GERBONG MAUT"
Di Museum Brawijaya yang terletak di Jalan Ijen Malang ini menyimpan berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan sejarah perjuangan masyarakat Malang saat melawan penjajah. Di dalamnya ada ada tank yang digunakan saat perjuangan pada 10 November 1945 di Surabaya. Selain itu ada juga koleksi mobil dinas, senjata perang, topi baja, dan juga sepatu tempur yang semuanya memiliki nilai sejarah yang besar.
Tapi yang paling legendaris dari koleksi benda berserah di museum tersebut adalah keberadaan gerbong maut yang dulunya mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Menurut sejarah, 100 orang pejuang ini dimasukkan ke dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surbaya. Ketika sampai di tujuan banyak tentara yang sudah tewas akibat kehabisan energi. Ada pun 12 orang yang tersisa langsung dimasukkan ke dalam penjara Kalisosok di Surabaya.

5.LAGUNA / PULAU SEMPU
Nama Pulau Sempu beberapa waktu terakhir ini memang lagi “naik daun”. Ada banyak traveler yang datang ke sana untuk bisa melihat pesona Pulau Sempu yang banyak dibicarakan tersebut. Memang sih keindahan Pulau Sempu luar biasa, namun bagi kamu yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana. Kecuali kamu memang sudah mempersiapkan fisik alias makan yang banyak dan berlatih jalan jauh sebelum memutuskan ke Pulau Sempu.
Terus memang biasanya ngapain kalau ke sana? Banyak traveler yang datang ke sana untuk camping di pantai yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing gitu. Kalau dilihat sekilas sih mirip dengan Pantai Phuket, ya gak?
Satu yang perlu kamu ingat jika berkunjung ke sini. Pulau Sempu pada hakikatnya adalah Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya . Jika toh akhirnya kamu melancong ke Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat ini ya.
6.RUMAH POHON / OMAH KAYU
Omah kayu sebenarnya adalah penginapan dengan konsep mirip rumah pohon. Dengar-dengar sih harga menginap di sini per malamnya sekitar Rp.250.000-Rp.300.000, tapi bagi kamu yang cuma ingin merasakan sensasi duduk-duduk santai bisa kok dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Terus apa yang menarik dari Omah Kayu ini?
Di sini pengunjung bisa melihat pemandangan area persawahan dari ketinggian. Semilir angin khas Kota Malang menambah nilai kenikmatan nongkrong di rumah kayu tersebut. Rumah kayu ini berada di Kota Batu Malang. So bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur di Malang jangan lupa masukkin tempat ini ke dalam objek wisata yang harus kamu datangi ya.



5.AGRO WISATA PETIK APEL
Para Penelusur tau ga kelebihan dari tempat wisata ini?, usut punya usut ternyata  banyak kelebihan dari Wisata Petik Apel yaitu Para Penelusur bisa merasakan sensasi menjadi seorang petani buah di kota Batu yaitu tepatnya buah apel. selain itu Para Penelusur juga bisa dengan secara langsung memetik buah apel langsung dari pohonnya serta dapat langsung menikmati segarnya buah apel ditempatnya. Selain bisa memetik dan menikmati buah apel langsung dari pohonnya, para penelusur juga dapat berfoto ria dengan pemandangan serta suasana yang masih sejuk dan asri. Tak hanya itu, Para Penelusur juga bisa membeli buah apel untuk oleh-oleh dari kota Batu-malang, untuk sanak saudara, bisa hasil petikan sendiri atau yang sudah disediakan oleh petugas ditempat.Para Penelusur yang ingin berwisata kesini dapat membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- / orang (harga sewaktu-waktu berubah). Untuk fasilitas yang disediakan disini cukup bagus, seperti, pemandu yang ramah, Welcome Drink sari apel, Makan buah apel sepuasnya dalam kebun, Transport shutel ke lokasi petik apel dan masih banyak lagi. Di wisata ini juga disediakan berbagai macam jenis apel, seperti Apel Manalagi, Apel Romeo Beauty, Apel Grany Smith, Apel Anna, Apel Hwang Lien dan lain lain, dengan harga rata – rata apel Rp. 10.000,- / Kg, dan khusus Hwang Lien Rp. 20.000,- / Kg (Harga apel bisa berubah mengikuti harga pasar)


*berbagai sumber travellers

Comments

Popular posts from this blog