CANDI BOROBUDUR

Borobudur merupakan salah satu candi agama budha yang berlokasi di Magelang,Jawa Tengah .Candi Borobudur  terletak kurang lebih 100 kmm sebelah barat daya semarang dan 40Km sebelah barat laut Jogjakarta .
Candi ini didirikan oleh penganut budha tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Candi Borobudur berbentuk punden berundak ,yang terdiri  dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar ,tiga tingkat berbentuk bundar melingkar ,dan sebuah stupa  utama sebagai puncaknya.Layaknya sebuah kitab,Borobudur menggambarkan sepuluh tingkatan bodhisttva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Budha.Borobudur yang bertingkat sepuluh.

Keistimewaan dari Candi Borobudur pernah menjadi salah satu dari " 7 keajaiban dunia" ,meskipun saat ini posisi tersebut telah tergeser oleh bangunan baru lain seperti : Machu picchu atau Lembah petra .Namun kita sangat boleh berbangga hati karena Candi Borobudur telah dinyatakan  sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO .
oleh karena itu pula telah menjadi warisan dunia kini kawasan Candi Borobudur telah dikembangkan menjadi objek wisata bertaraf Internasional,berbagai fasilitas telah didirikan seperti rumah makan,penginapan dan lain lainnya ,telah ditingkatkan sesuai standar internasional .
Hal ini tak lain demi melayani para pengunjung  sehingga dapat menikmati kemegahan Candi Borobudur dengan nyaman.



Tatanan taman dikawasan Candi pun membuat kita serasa di sebuah taman yang asri,dengan rumput hijau dan pepohonan rindang  lingkungan Candi Borobudur terasa sejuk ,terlebih karena lokasi Candi Borobudur terletak di dataran tinggi.



Comments

Popular posts from this blog